Blog sharing cara membuat blog, website, toko online, desain web, dan template

Sunday, September 21, 2014

Pengenalan Dasar Web

Sekarang ini dunia informasi sangat cepat. Apalagi dengan adanya internet, semua informasi yang kita inginkan bisa up to date. Bicara masalah informasi dari internet pastilah tidak lepas dari website. Apa sih website itu? Web adalah salah satu aplikasi yang berisi dokumen-dokumen multimedia bisa berupa teks, gambar, animasi atau video. Sedangkan situs website adalah suatu kumpulan web yang sudah dipublikasikan atau di upload dan membentuk suatu rangkaian bangunan yang terkait dimana masing-masing web dihubungkan dengan hyperlink atau jaringan-jaringan halaman.

Ditinjau dari Kontennya, web dibedakan menjadi 2, yaitu :

1. Web statis 
Web statis adalah web yang isinya tidak mudah untuk diubah-ubah. Apabila ingin merubah isi dari web ini, harus melakukan perubahan tulisan dan kode program yang sudah teranam dalam web tersebut.

2. Web Dinamis
Web yang isinya bisa diubah sewaktu-waktu tanpa melalui perubahan kode pada file web.

Berdasarkan pemogramannya :

1. Client Side Scripting

Client Side Scripting adalah bahasa pemograman yang proses pengolahannnya dilakukan di computer pengunjung ( client ). Kekurangan dari Client Side Scripting ini adalah siapapun yang melihat web kita bisa mengambil seluruh script yang telah ditulis atau bahkan bisa mengotak-atik isi web dengan mudah.
Contoh Client Side Scripting : HTML (Hypertext Markup Languange), CSS (Cascading Style Sheet), JavaScript, XML (Extensible Markup Languange).

2. Server Script Scripting

Server Script Scripting adalah bahasa pemograman web yang pengolahannya dilakukan di komputer server dan hasil dari pengolahannya di kirimkan ke computer client dengan bahasa HTML. Kelebihan menggunakan Server Script Scripting adalah pengunjung tidak mengetahui script yang ditulis oleh pembuatnya, sehingga web tipe ini sangat aman dari serangan hacker, mekipun masih beresiko terkena hack. Website tipe ini bersifat dinamis sehingga isi atau kontennya bisa dengan mudah di ubah-ubah tanpa mengganti scriptnya. Web jenis ini biasa dipakai untuk membuat website seperti, took online, sekolahan, forum, blogging dan lain-lain. Contoh Server Script Scripting : PHP, ASP, ASP dot Net, Java Server Page.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengenalan Dasar Web

0 comments: