Blog sharing cara membuat blog, website, toko online, desain web, dan template

Friday, October 17, 2014

Cara Mudah Membuat Tabel di dalam Blog

Hai sahabat Imediaku. Jika dalam post sebelumnya kita udah belajar tentang tag pembangun tabel, maka dalam post ini kita akan belajar bagaimana membangun atau membuat tabel dengan kode HTMLnya. Jika sahabat belum baca post sebelumnya, kalian bisa baca di Atribut Pembangun Tabel dalam Blog dan Web.

Ok, kita langsung aja ya... Silahkan lihat gambar untuk penjelasan membuat tabel di dalam blog berikut :

script html tabel di blog
Membuat tabel di dalam blog

Dalam contoh latihan diatas, saya ingin membuat tabel dengan 2 kolom dan 3 baris. Maka saya memerkukan 3 baris tag <tr> dan 2 kolom tag <td>. Dalam baris ke 2, saya menggabungkan kedua kolom tersebut menjadi 1 kolom. Maka saya memerlukan atribut yang diletakkan di dalam tag <td>. Maka untuk menggabungkannya saya memerlukan atribut colspan. Tetapi dalam tampilannya saya ingin menampilkannya ditengah kolom dan dicetak tebal. Maka tag <td> saya ganti menjadi tag <th> agar tulisannya menjadi ditengah dan diletakkan ditengah.

Berikut adalah hasil tampilan dari html tabel diatas :

tampilan html membuat tabel di dalam blog
Hasil tampilan html membuat tabel di dalam blog

Sekarang kalian deh yang mencobanya. Buat dulu gambar sketsa di kertas jika kalian masih belum paham untuk menentukan tabelnya. Jika kalian masih belum tahu atau belum jelas, kalian bisa tinggal komen dibawah ini,

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mudah Membuat Tabel di dalam Blog

0 comments: